RSS

Sambungan Listrik Hampir Pulih

19 Mar

KOMPAS.com — Sambungan listrik ke sistem pendingin di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi diharapkan bisa pulih pada Sabtu (19/3/2011) sore ini. Setidaknya, menurut warta AP, AFP, dan Kyodo, empat dari enam reaktor di PLTN tersebut akan memperoleh sambungan listrik.

Gempa pada Jumat (11/3/2011) dan tsunami yang ditimbulkannya melumpuhkan sistem pendingin PLTN. Insiden ini memunculkan kekhawatiran terhadap kebocoran radiasi.

Hampir 7.200 orang diketahui tewas dalam bencana itu, sementara sekitar 11.000 lainnya masih hilang.

Pihak berwenang mulai membangun rumah-rumah sementara untuk beberapa ratus ribu orang yang masih berada di pusat-pusat pengungsian. Banyak warga yang selamat terpaksa menghadapi suhu dingin tanpa air, listrik, bahan bakar maupun makanan yang cukup.

Air

Sampai sekarang para petugas pemadam kebakaran terus menyemprotkan air untuk mendinginkan batangan bahan bakar yang menjadi terlalu panas dan berbahaya di komplek PLTN Fukushima yang sudah tua itu. Ini dilakukan untuk mencegah pelelehan. Tempat penyimpanan batangan bahan bakar yang sudah dipakai juga memerlukan pasokan air yang konstan.

Para teknisi sekarang sudah menyambungkan kabel listrik ke bagian luar PLTN. Penyambungan kabel masih dilakukan di dalam untuk menghidupkan kembali pompa air di empat dari enam reaktor.

Seorang pejabat badan keselamatan nuklir mengatakan, ”Kami ditugaskan untuk memulihkan listrik di nomor 1 dan 2 hari ini.”

”Reaktor nomor 5 dan 6 juga akan dialiri listrik hari ini. Tim dijadwalkan untuk memulihkan listrik ke nomor 3 dan 4 besok (Minggu 20/3/2011),” ujarnya.

sumber : http://internasional.kompas.com/read/2011/03/19/17043133/Sambungan.Listrik.Hampir.Pulih

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 19, 2011 in Berita

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: