RSS

Jepang Awasi Makanan Dalam Negeri

17 Mar

TOKYO, KOMPAS.com – Jepang, Kamis (17/3/2011) menginstruksikan kepada pemerintah daerahnya memulai pemeriksaan kontaminasi radioaktif terhadap makanan setelah gempa besar yang merusak instalasi nuklir negara tersebut mengakibatkan bocornya radioaktif. “Hal itu merupakan pertama kalinya Jepang menetapkan batasan radiasi terhadap makanan produksi dalam negeri,” kata seorang pejabat kementerian kesehatan.

“Pembatasan tersebut sejalan dengan program anti-bencana yang telah disiapkan secara seksama oleh Komisi Keselamatan Energi Atom pemerintah,” kata pejabat itu.

Macam-macam batasan itu tergantung pada jenis makanan, namun semuanya telah ditetapkan melalui konsultasi dengan tingkatan yang dapat diterima secara internasional dan asupan pola makan rata-rata masyarakat Jepang.

Kebocoran radioaktif menyebar melalui udara setelah terjadinya ledakan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Daiichi Fukushima, tempat gempa dan tsunami pada pekan lalu merusak sistem pendingin reaktor nuklir. Beberapa negara Asia telah mengumumkan langkah pemeriksaan terhadap makanan impor dari Jepang seiring kekhawatiran kontaminasi radioaktif sementara Uni Eropa telah memerintahkan hal yang serupa.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 17, 2011 in Berita

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: